4/17/2008

Bobok di kamar sendiri ya sayang...

Sudah 3 malam ini Sikka aq latih untuk bobok di kamarnya sendiri. Walaupun awalnya sgt amat gak tega, tp terpaksa aq harus lakukan. dia kan dah 4 tahun. sudah waktunya dia untuk mandiri. Pada malam pertama aq pelan2 memintanya agar dia mau bobok di kamarnya, tentunya setelah Ayla bobok nyenyak. Dengan semangat Sikka membantuku menata tempat tidurnya. Seperti biasa, kasurnya diberi alas perlak, baru dilapisi selimut, di pinggir2nya diletakkan bantal2 panjang. Itulah tempat tidurnya, karena sampai sekarang dia masih ngompol. Agak repot memang, karena Sikka gak mau dibangunin malam2 hanya u pipis di kamar mandi. Dia akan marah & teriak2. Konsekuensinya, aq harus rajin mengontrol klo bajunya dah basah harus secepatnya diganti. Baru sekitar 6 bulan ini dia gak pake diapers. Kuatir jg klo pake diapers terus, jadi kebiasaan. Yang penting kami masih bisa menjaga agar najisnya gak ke mana2. Terpaksa, dia 1 tempat tidur u dia sendiri. Bangun tidur, semua peralatan dia yang posisinya di atas perlak harus segera dicuci.
Aq menemaninya sampai dia tertidur. Setelah dia terlelap, baru aq kembali ke kamarku. Gak tega jg, sebentar2 aq menengoknya. Pintu kamar aq biarkan tak tertutup sempurna, takut dia terbangun akibat deritan pintunya. tengah malam aq ganti baju+selimutnya, karena dia dah ngompol. Malam itu aq gak bisa tidur lelap, aq kepikiran Sikka, takut terjadi apa2 dengannya... aq merasa telah merampas ketenangannya, kenyamanannya u dekat dengan kami. air mataku meleleh..."tenang yusi, itu proses alami yang harus dilalui seorang anak untuk melatih kemandiriannya..." kata hatiku menghibur. Aq mencoba menenangkan perasaan ini.

Esok paginya, sekitar jam 4 buru2 aq masuk ke kamar Sikka, terkejut aq melihat mbak is (pengasuhnya) tidur di sebelahnya. "lo mbak, kamu tidur di sini dari jam berapa?". "baru saja kok bu..tadi Sikka manggil saya minta susu" katanya. "ya udah, kamu kembali ke kamar aja. aq yang nemenin Sikka" kataku. Mbak is kembali ke kamarnya di lantai 1. Ya Alloh, semalaman aq gelisah dan susah tidur. Di saat Sikka butuh aq, aq malah sedang terlelap. kasian dia..Aq temenin lagi dia sampai subuh..

"ma..tadi malem Sikka bobok di kamar Sikka sendiri ya.."Sikka berkata dengan bangga ketika aq mengikat rambutnya sehabis mandi "nanti malem Sikka bobok di kamar Sikka sendiri lagi ya ma..". "ya donk..Sikka dah besar dan pinter. Brani bobok sendiri.."aq memberikan pujian untuknya. Terima kasih ya Alloh, Engkau telah memberikan keberanian untuk anakku...


No comments: